Jumat, 24 Juni 2011

Reptil-Reptil Cantik

Paduan warna yang cantik membuat reptil ini menarik, tidak menjijikan atau menakutkan lagi!
Iguana (Foto: Istimewa)Iguana (Foto: Istimewa)
MELIHAT bentuk tubuhnya, kulitnya yang kadang membuat geli, tampang 'serem'nya apalagi sifatnya yang bisa menyakitkan manusia, sepertinya malas sekali berdekatan dengan yang namanya reptil. Seakan, tak ada  manis-manisnya untuk dipelihara. Namun, rasanya tidak untuk beberapa reptil ini. Mengapa begitu? Warna-warna indah yang melekat di tubuh reptil ini bikin kita ingin memilikinya. Coba perhatikan mereka...





1.Iguana bertubuh besar dan berwarna indah ini merupakan spesies endemik di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Iguana merupakan hewan herbivora alias pemakan tumbuhan alias vegetarian. Hewan ini bisa tumbuh hingga sepanjang 1.5 meter dari kepala hingga ujung ekornya. Dengan warna-warna yang cantik dan menarik, membuat sang iguana tak terlihat begitu mengerikan.
IstimewaIstimewaPerhatikan warnanya yang cantik, gradasi orange dipadu putih keabu-abuan membuat keindahan tersendiri bagi binatang ini. Dan, bukan tak mungkin bagi mereka yang takut atau tak suka dengan binatang ini akan bisa menyukai binatang ini.
 
2.Kadal unik ini juga memiliki nama lain Caiman Lizard dan bisa ditemukan di Amerika Selatan. Kadal ini menghabiskan banyak waktunya di air dan mereka menempati rawa-rawa, sungai kecil dan hutan hujan. Kadal ini terkadang berjemur di cabang pohon. Perhatikan warnanya yang perpaduan hijau dan kecoklatan. Kadal ini terlihat cantik dan unik sehingga jika kita ingin memeliharanya tidak perlu takut atau merasa ngeri. Gradasi merah di bagian kepala membuat kadal ini semakin cantik.


IstimewaIstimewa 3.Kadal berwarna indah ini bisa ditemukan di Mozambik, Zimbabwe, Afrika Selatan dan juga bagian timur Amerika Serikat. Nama latinnya adalah Nucras caesicaudata. Habitat mereka adalah tempat yang kering, berpasir dan kawasan Savana.
Melihat warnanya yang hitam kekuningan makin menjelaskan bahwa kadal ini memang asal Afrika. Perhatikan paduan warna kuning-hitam yang dipadu dengan biru pada ekornya, bagai motif busana. Cantik sekali dan bisa menjadi inspirasi untuk membuat motif busana atau lainnya.



IstimewaIstimewa4.Veiled Chameleon merupakan spesies bunglon bertubuh besar dan colorful yang bisa ditemukan di Yaman dan Arab Saudi. Mereka bisa mengubah warna kulitnya tergantung mood mereka. Perubahan warna tsb tergantung pada beberapa faktor seperti kesehatan, mood dan temperatur tubuh kadal tersebut.
Bunglon yang satu ini sangat indah dengan tubuh berwarna hijau dipadu merah muda. Jika diperhatikan ibarat motif sebuah busana. dan, bukan tak mungkin kadal ini akan menjadi inspirasi bagi disainer maupun pencinta seni lainnya untuk membuat sebuah karya. Bunglon ini makin terlihat cantik dengan lingkaran ekornya yang melingkar begitu cantik.

IstimewaIstimewa5. Spesies bunglon colorful ini bernama latin Furcifer pardalis, dan bisa ditemukan di Madagaskar, Reunion dan Mauritius. Spesies betina lebih kecil daripada spesies jantan, sekitar setengahnya. Panjang tubuh bisa hingga sepanjang 50 cm.
Warna-warni yang melekat di tubuh bunglon ini cukup banyak dan variatif. Dominasi merah dan orange membuat kecantikan tersendiri bagi bunglon ini. Perhatikan matanya yang membentuk sebuah lingkaran cantik dengan motif kembang. Seru juga kalau memelihara bunglon cantik ini. Pastinya kita tidak akan takut!

Kadal (Foto: Istimewa)Kadal (Foto: Istimewa)6. Bernama latin Psammophilus dorsalis, spesies reptil ini memiliki warna yang indah. Reptil yang memiliki warna merah sangatlah jarang. Kadal ini banyak ditemukan di perbukitan bagian selatan India.
Warna merah bata menyala pada bagian atas tubuh reptil yang satu ini dipadu dengan warna hitam di bagian bawah membuat reptil ini benar-benar menarik. Paduan warna yang kontras sering menjadi inspirasi disainer untuk busana-busana formalnya.

IstimewaIstimewa7. Kadal berwarna biru merah ini merupakan spesies reptil yang bisa ditemukan di Sahara, Afrika. Spesies ini terkadang terlihat di tengah teriknya matahari. Selama musim kawin sang jantan akan mengubah warna kulitnya menjadi lebih indah, kepala, leher dan ekor akan berubah menjadi orange cerah dan tubuhnya berubah menjadi biru gelap.
Kadal dengan warna ini jarang ditemukan. Warna biru yang mendominasi tubuh bagian bawah terutama ekor dan sebagian perutnya ini terlihat cantik di tubuhnya terlebih dengan paduan warna biru tua yang dipadu dengan merah bata di bagian kepalanya. Bisa menjadi binatang peliharaan dan bisa menjadi inspirasi bagi mereka yang suka membuat sebuah karya.

IstimewaIstimewa8. Spesies berwarna unik ini secara luas bisa ditemukan di benua Asia dan bernama lain Calotes versicolor. Mereka merupakan insektivora alias pemakan serangga. Wajahnya memang menyeramkan namun dengan warna kulitnya yang cantik yakni paduan merah muda dan putih membuat hewan ini layak untuk dimanjakan. Hewan cantik ini menarik untuk dipelihara karena warnanya yang sangat cantik dan menarik.


IstimewaIstimewa9. Reptil ini bernama latin Conolophus subcristatus. Reptil berwarna kuning ini sangatlah jarang ditemukan. Spesies ini merupakan spesies asli pulau Galapagos.
Paduan warna kuning dan abu-abu tua ini sangat cantik terlebih dengan dominasi kuning di bagian bawah dan warna abu-abu di bagian atasnya.  Dengan warna cantiknya, hewan ini tidak begitu mengerikan.



IstimewaIstimewa10. Hewan ini penghuni asli Madagaskar. Spesies bunglon ini memiliki tubuh yang besar dan memiliki warna yang indah. Penjualan hewan ini diatur oleh pemerintah setempat, hewan ini gak boleh dijual keluar Madagaskar.
Yang menarik dari hewan ini pada warna orange dibagian mata, tampak sangat kontras dengan warna-warna di bagian tubuhnya yakni biru dipadu hitam dan abu-abu muda di bagian kepala. Bentuk tubuhnya yang bulat dan besar, menambah lucunya hewan cantik ini. (Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar