Kamis, 11 Agustus 2011

Masjid Megah dan Unik di Indonesia


Masjid Istiqlal Masjid Istiqlal Jakarta
Masjid Istiqlal merupakan masjid yang terletak di pusat ibukota negara Republik Indonesia, Jakarta. Pada tahun 1970-an, masjid ini adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Sukarno.
Masjid Rahmatan Lil'alamin Masjid Rahmatan Lil'alamin
Masjid Rahmatan lil Alamin dibangun di Kampus Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Mesjid ini sangat megah. Masjid ini bisa disebut sebagai salah satu mesjid terbesar di dunia yang berukuran 6 hektar dan berlantai 6 dengan kapasitas mencapai 100.000 orang.
Masjid Al-Akbar Masjid Al-Akbar Surabaya
Masjid Al-Akbar dibangun di atas lahan 11,2 hektar di Surabaya, Jawa timur dengan gaya arsitektur yang unik dan modern. Mesjid ini merupakan salah satu mesjid terbesar di Indonesia. Kesan unik dari bangunan ini terletak pada desain kubah masjid yang unik seperti struktur daun dengan kombinasi warna hijau dan biru yang memberikan kesan sejuk dan segar.
Masjid Kubah Emas Masjid kubah emas Dian Al Mahri
Masjid Dian Al Mahri lebih dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas Depok. Mesjid ini merupakan salah satu mesjid di dunia yang dibangun dengan kubah yang terbuat dari emas. Masjid ini dapat membuat takjub siapapun yang pernah melihatnya karena keindahannya terutama kubahnya yang terbuat dari emas. Mesjid ini terletak di Depok, Jawa Barat.
Masjid Islamic Center Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Centre, Samarinda terletak di Jl Slamet Riyadi, Samarinda, Kalimantan Timur. Bangunan masjid ini memiliki kubah utama dan ornamen-ornamen keemasan yang amat cantik. Sumber inspirasi desain masjid yang amat besar ini berasal dari Masjid Nabawi yang bersuasana religius di Madinah dipadukan dengan Masjid Agung yang artistik di Turki.
Masjid Raya Makassar Masjid Raya Makassar
Masjid Raya Makassar tampak megah dan mewah. Kubah utama yang bertengger di puncak masjid didatangkan langsung dari Australia. Mesjid ini terletak di Makassar, Sulawesi Selatan.
Masjid At-Tin Masjid At-Tin
Masjid At-Tin adalah satu masjid megah di kawasan TMII, Jakarta. Masjid At-Tin mempunyai keunikan dan kekhasan tersendiri. Gaya arsitektur masjid ini berusaha menonjolkan dan mengekspos lekukan bentuk anak panah pada dinding di hampir semua sudut dan ornamen yang menghiasinya.
Masjid Baiturrahman Masjid Raya Baiturrahman Aceh
Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid yang berada di pusat Kota Banda Aceh. Mesjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu masjid berarsitektur termegah di dunia. Masjid ini dahulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh yang dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Mesjid ini juga merupakan salah satu mesjid tertua dan terindah di Indonesia.
Masjid Annur Masjid An-Nur Riau
Masjid Agung An-Nur adalah salah satu masjid termegah di Indonesia dan menjadi masjid kebanggaan masyarakat Riau. Pada malam hari, kawasan itu dihiasi dengan cahaya dari lampu yang berwarna-warni, sehingga pengunjung seakan-akan berada di kawasan Taj Mahal, India. Masjid Agung An-Nur terletak di Pekanbaru, Riau.
Masjid Al-Mashun Masjid Raya Al-Mahsun Medan
Masjid Raya Al- Mashun dikenal juga sebagai Masjid Raya Medan, salah satu peninggalan Sultan Deli yang dibangun tahun 1906 diatas lahan seluas 18.000 meter persegi. Arsitekturnya yang khas dan nilai sejarahnya membuat masjid ini kerap dikunjungi wisatawan mancanegara. Mesjid ini terletak di Medan, Sumatera Utara.
Masjid Agung Semarang Masjid Agung Semarang
Masjid Agung Semarang Jawa Tengah dibangun di areal seluas kurang lebih 10 hektar, dengan luas bangunan induk seluas 7.669 meter persegi, dan mampu menampung 6000 jamaah. Sedangkan pelatarannya seluas 7500 meter persegi dapat menampung 10 ribu jamaah. Pelataran mesjid ini dilengkapi 6 payung raksasa yang bisa membuka dan menutup secara otomatis seperti yang ada di Masjid Nabawi di kota Madinah .
Masjid Almarkaz alislami Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar
Masjid Al-Markaz Al-Islami terletak di pusat Kota Makassar. Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 10 hektare. Bangunannya terdiri atas tiga lantai dengan luas keseluruhan mencapai 6.932 meter persegi. Secara keseluruhan, masjid ini mampu menampung 10.000 jamaah. Keunikan mesjid ini pada bagian atap Masjid Al Markaz Al Islami itu berciri khas tidak memiliki kubah. Bentuk atap berbentuk kuncup segi empat, seperti atap rumah-rumah tradisional masyarakat Bugis.
Masjid Sultan Mahmud Badaruddin 2 Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin 2
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II atau biasa disebut Masjid Agung Palembang adalah sebuah masjid paling besar di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Keunikan mesjid ini ada pada puncak Mesjid Agung yang berbentuk atap Mustaka/kepala. Bentuk mustaka yang terjurai ini melengkung ke atas keempat ujungnya menyerupai bentuk atap pada bangunan Cina. Mesjid ini memiliki luas 5.520 m2 dengan daya tampung 7.750 orang.
Masjid Raya Batam Center Masjid Raya Batam Centre
Masjid Raya Batam Centre terletak di Batam Centre. Mesjid ini mempunyai keunikan tersendiri, dimana di dalam masjid tidak ada tiang penyanggah sehingga ruangan di dalam masjid tampak luas. Mesjid ini bercorak arsitektur khas melayu, atapnya berbentuk limas atau tumpang bertingkat yang terbuat dari kayu pilihan berwarna kecoklatan. Mesjid ini memiliki luas lahan 75.000 m2 dengan daya tampung di dalam Masjid 3.500 orang dan kapasitas di luar Masjid 15.000 orang.
Masjid Raya Sumbar Masjid Raya Sumatera Barat
Masjid Raya Sumatra Barat terletak di Padang. Walaupun mesjid ini masih dalam tahap penyelesaian tapi keunikannya sudah tersebar. Keunikan mesjid ini terletak pada bentuk bangunan yang berarsitektur perpaduan modern dan tradisional rumah adat Minangkabau dengan ciri khas atap runcing. Tempat ibadah yang dibangun pada lahan seluas 40,98 hektar ini setelah selesai akan dapat menampung total 20 ribu jemaah. Bangunan utama masjid ini memiliki luas 18.091 meter persegi. (http://www.iskaruji.com/2011/08/foto-tentang-masjid-megah-dan-unik-di.html)
  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar